News

Polo air Putri Sumsel tetap andalkan atlet senior

Polo air Putri Sumsel tetap andalkan atlet senior

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Tim polo air Sumatera Selatan tetap mengandalkan atlet senior pada PON ke-19 di Jawa Barat 2016 untuk mengejar target medali emas.

Sekretaris Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumsel Hunce J Hamzah di Palembang, Minggu, mengatakan, dua atlet senior yakni Zubaidah dan Siti Balqis tercatat sebagai kontingen SEA Games Singapura 2015 dan diharapkan mampu memotivasi tim sehingga menjadi yang terbaik di PON.

"Pada PON Riau 2012, tim polo air Sumsel berhasil meraih medali perak. Harapannya, pada PON Jabar ini bisa meraih emas seiring dengan semakin matangnya para atlet senior," kata dia.

Untuk mencapai target tersebut, PRSI Sumsel merencanakan program latihan yang terarah di bawah bimbingan pelatih berpengalaman.

"Ini sedang mengajukan, jika bisa, tim polo air Sumsel dilatih pelatih asing. Ini akan berpengaruh besar karena atlet akan lebih terpacu dan percaya diri," kata dia.

Terkait saingan pada PON mendatang, ia menyebutkan hingga kini Sumsel masih bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat karena sejumlah atlet nasional juga tersebar di dua provinsi tersebut.

"Peluang sangat terbuka bagi Sumsel, meski Jawa Barat menjadi tuan rumah dan DKI Jakarta yang banyak diperkuat atlet nasional. Tinggal lagi bagaimana memaksimalkan waktu yang tersisa untuk memacu kemampuan atlet," kata dia.

Prestasi atlet polo air Sumsel cukup membanggakan seiring dengan keberadaan Akademi Akuatik di Sekayu, Musi Banyuasin setelah daerah ini menjadi tuan rumah PON ke-16 tahun 2004. 

Pada PON 2012 di Riau, Sumsel menempati urutan kedua untuk tim putra dan putri. 

Kemudian pada 2011, tim putri meraih peringkat pertama Kejuaraan Internasional Polo Air Asia Pasifik di Hongkong, dan rangking kedua Internasional Water Polo Asia Pasific di Jepang pada 2010.yeyseysey

  • SHARE:

Leave a Replay

Make sure you enter the(*)required information where indicate.

Affiliated to